Open 24 Hours
Beranda » Artikel Terbaru » Hipertensi, Terkini !!!

Hipertensi, Terkini !!!

Diposting pada 25 June 2015 oleh admin

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Darah tinggi sering diberi gelar The Silent Killer, karena hipertensi merupakan pembunuh tersembunyi, 50% penderita hipertensi tidak menunjukkan gejala yang jelas, apalagi bila masih dalam taraf awal. Penyakit ini banyak ditemui seiring perkembangan zaman dan perubahan pola dan gaya hidup. Perubahan beberapa jenis gaya hidup menjadi modern ternyata membawa dampak yang besar bagi sektor kesehatan masyarakat.

Hipertensi adalah kenaikan tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik, sama atau lebih dari 140/90 mmHg. Hipertensi menyebabkan kerusakan pelbagai organ tubuh seperti otak, jantung, ginjal, aorta, pembuluh darah perifer, dan retina. Selain itu, juga menyebabkan peningkatan morbiditas (kesakitan) dan mortalitas (kematian) pada gangguan kardiovaskuler dan stroke.Di Amerika Serikat dan beberapa negara maju lainnya hipertensi terjadi pada satu dari empat orang dewasa di antara umur 18 tahun dan satu dari dua orang di atas 50 tahun.

Satu-satunya jalan untuk mengetahui bahwa seseorang menderita hipertensi atau tidak, adalah dengan melakukan kontrol teratur terutama bagi yang berusia di atas 40 tahun. “Bila angka diastolik di atas 85, seharusnya sudah mulai hati-hati,” Untuk mereka yang mempunyai bawaan atau keturunan, pengontrolan hendaknya sudah dimulai sejak usia 20 – 30-an. Kontrol tekanan darah 24 jam sangat penting pada pasien hipertensiHipertensi dapat dicegah dengan memodifikasi gaya hidup seseorang,”

Salah satu penyebab tingginya angka kesakitan dan kematian akibat hipertensi disebabkan oleh perilaku masyarakat itu sendiri. Diperkirakan bahwa 40% sampai 50% klien dengan hipertensi menghentikan program pengobatan dalam tahun pertama. Mengidentifikasi adanya hambatan terhadap kepatuhan memungkinkan perawat untuk merencanakan intervensi untuk menghilangkan masalah ini dan memperbaiki kepatuhan (Miller,1992). Ketidakpatuhan terhadap program terapi merupakan perilaku yang menjadi masalah besar pada penderita hipertensi. Diperkirakan 50% diantara mereka menghentikan pengobatan dalam 1 tahun pemulihan. Pengontrolan tekanan darah yang memadai hanya dapat dipertahankan pada 20%. Namun bila pasien berpartisipasi secara aktif dalam program, termasuk pemantauan diri mengenai tekanan darah dan diit, kepatuhan cenderung meningkat karena dapat segera diperoleh umpan balik sejalan dengan perasaan semakin terkontrol.(Brunner and Suddart, 2002).

Bagikan informasi tentang Hipertensi, Terkini !!! kepada teman atau kerabat Anda.

Hipertensi, Terkini !!! | Rai HomeCare & Woundcare- Solusi Pelayanan Kebutuhan Perawatan Luka Modern, Stoma, Perawatan Pasien di Rumah dan Sewa Peralatan Medis

Belum ada komentar untuk Hipertensi, Terkini !!!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
December 2020
M T W T F S S
« Feb    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Rai HomeCare & Woundcare

Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan